Hewan yang ikut berpuasa

Posted by Didi Setyapramana On 5:46 PM 0 komentar

Manusia bukanlah satu-satunya makhluk hidup yang melakukan puasa (menahan diri) dari makan dan minum, akan tetapi ada beberapa makhluk hidup yang juga melakukan puasa karena sebab yang berbeda-beda:
Kuda yang sakit berpuasa (menahan diri) dari makan dan minum. Anjing, bila tulangnya patah maka ia akan berpuasa beberapa waktu lamanya hingga berkelanjutan sampai 20 hari. Sebagaimana ia berpuasa karena sedih akibat kehilangan sahabatnya.
Sementara dari bangsa burung ada beberapa jenis yang berpuasa, begitu pula sebagian hewan darat seperti kijang apabila jatuh dalam tawanan ia akan berpuasa sebagai ekspresi dari rasa sedih dan susah.

Ikan salmon yang melakukan migrasi dari air tawar ke air asin tempat tinggalnya yang asli, mereka menempuh jarak perjalanan hingga 1000 mil, selama masa yang panjang dan sulit itu mereka berpuasa dari makanan, karena mereka tidak memiliki waktu untuk makan. Hal itulah yang menjadikan mereka ramping dan gesit, mampu melarikan diri dari jarring para penangkap ikan, lari dari sergapan burung pethrik, angsa jantan dan hewan pemburu lain. Itu semua berkat puasa mereka saat mereka melimpah.
Sebagian jenis laba-laba melakukan puasa selama 6 bulan selepas persalinannya.

Categories:

0 Response for the "Hewan yang ikut berpuasa"

Post a Comment