HTML

Posted by Didi Setyapramana On 4:03 AM 0 komentar


HTML (HyperText Markup Language) adalah format standard yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML merupakan subset dari bahasa yang lebih luas, yaitu SGML (Standard Generalized Markup Language). Selain HTML, subset lain dari SGML antara lain XML (eXtensible Markup Language), SMIL (Synchronized Multimedia Integration Language), dan MathML (Mathematical Markup Language). Versi terakhir HTML saat ini adalah HTML 4.01. Untuk melihat spesifikasi standard HTML.

File HTML berupa file teks yang terdiri dari 2 bagian: content  (isi), yaitu berupa teks yang akan ditampilkan oleh browser dan markup atau tags yang menjelaskan bagaimana teks tersebut diinterpretasi oleh browser. Tag-tag yang digunakan HTML mempunyai format sebagai berikut:

<tag pembuka> teks </tag penutup>

Selain bentuk berpasangan seperti di atas, ada pula tag-tag yang berdiri sendiri. Tag-tag ini tidak case sensitive sehingga kita bisa menggunakan huruf kapital, huruf kecil, atau keduanya. Diantara kedua tag dapat disisipkan tag lainnya, namun penulisannya tidak boleh tumpang tindih seperti ini:

<tag 1><tag 2> teks </tag 1></tag 2>

seharusnya

<tag 1><tag 2> teks </tag 2></tag 1>

Tag-tag tertentu memiliki atribut yang ditambahkan untuk memberi detail atau memodifikasi perintah tag. Contohnya pada tag <font> </font> :

<font color=”red” face=”Arial” size=”3”>

Atribut dalam tag di atas yaitu color, face, dan size. Sebuah tag dapat memiliki beberapa atribut. Penulisannya dengan dipisahkan oleh space; urutan atribut tidaklah penting. Setiap atribut mempunyai value tertentu. 









Categories:

0 Response for the "HTML"

Post a Comment